Marc Marquez, pemuda 20 tahun ini sensasional brosist. Nggak cuma jadi kampiun, dia menorehkan sekaligus memecahkan sejumlah rekor yang pernah tercatat di balap sepeda motor kelas primer. Paling top, pebalap Repsol Honda ini jadi rookie pertama yang berhasil juara di musim perdana, Mantep!

 Nggak cuma rekor itu, dikutip dari MotoGP.com, ”anak kemarin sore” yang nyuri perhatian ini juga mecahin banyak rekor, sampai-sampai dijuluki sebagai ”The Record Breaker” dengan torehan puluhan rekor selama menjalani balapan di kelas MotoGP. Apa aja rekornya? Ini dia!

1. Rookie pertama di balap kelas primer juara di musim perdana. Rekor sebelumnya dipegang Kenny Roberts dalam 500 World Champion pada 1978. Jadi beda balapan nih brosist.

2. Juara dunia termuda, usia 20 tahun 266 hari, mecahin rekor Freddie Spencer yang memenangi balap 500 pada 1983 di usia 21 tahun 258 hari.

3. Rider keempat dalam sejarah 65 tahun Grand Prix yang memenangi tiga kategori berbeda, bersama Mike Hailwood, Phil Read, dan Valentino Rossi.


Rekor lain juga ngantri ditulis di lemari nih. Itu pun belum termasuk catatan waktu sirkuit yang seringkali dipecahkannya. Ini dia:

- Rider termuda keempat dalam sejarah, finish podium di balap pembuka setelah Randy Mamola, Eduardo Salatino, dan Norick Abe.

- Pebalap termuda peraih fastest lap di kelas primer di usia 20 tahun 49 hari. Sebelumnya dicetak Freddie Spencer, berusia 20 tahun 161 hari di Sirkuit Misano pada 1982.

- Pebalap termuda memenangi balapan kelas primer (dicetak pada GP Amerika) dengan usia 20 tahun 63 hari. Sebelumnya diukir Freddie Spencer di usia 20 tahun 196 hari.

- Pole position termuda (dicetak di Austin, AS) usia 20 tahun 62 hari. Rekor sebelumnya Freddie Spencer usia 20 tahun 153 hari pada 1982.

- Kemenangan di Austin mecahin rekor sebagai pebalap termuda yang menang dalam tiga kelas berbeda, ngelewatin rekor Dani Pedrosa di usia 20 tahun 227 hari.

- Podium di dua balapan pertama kelas primer.

- Pemimpin klasemen termuda, rekor sebelumnya oleh Lorenzo saat memimpin klasemen setelah menang di Estoril pada 2008.

- Peraih podium tiga kali berturut-turut dengan usia termuda. Rekor sebelumnya dipegang Lorenzo.

- Podium empat kali berturut-turut dengan usia termuda, mecahin Rekor Biaggi 1998.

- Menang dua kali berturut-turut dengan usia termuda, mecahin rekor Freddie Spencer.

- Rookie termuda menang dua kali berturut-turut melibas rekor Kenny Roberts.

- Menang tiga kali berturut-turut dengan usia termuda, menggusur Freddie Spencer.

- Rookie termuda menang tiga kali berturut-turut mengungguli Kenny Roberts.

- Menang empat kali berturut-turut, rookie pertama dan pebalap termuda yang mampu melakukannya.

- Menang enam kali dalam setahun. Nggak ada rookie lain yang bisa nandingin.

- Berada di podium 16 kali, tidak ada rookie dengan prestasi seperti itu.

- Pole position sembilan kali dalam semusim sebagai rookie.

- Total poin 334, angka tertinggi yang diraih rookie dalam semusim.

sumber : http://news.detik.com/read/2013/11/13/162002/2412093/727/marc-marquez-raja-rekor-baru-motogp?9922022